Eksklusif

Informatif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Minggu, 02 Februari 2014

Manajemen Waktu

Jam kerja yang fleksibel memang sangat menguntungkan jika dilihat dari berbagai aspek. Tidak terkecuali dalam hal ini adalah dari aspek kesehatan. Dengan adanya jam kerja yang fleksibel berarti tercapai keseimbangan di antara waktu bekerja dan beristirahat. Memiliki jam kerja fleksibel erat kaitannya dengan manajemen waktu. Dengan memanaje waktu secara efisien, maka apa yang ingin dicapai menjadi terwujud. Manajemen waktu yang efisien itulah yang diterapkan sehingga dapat tepat waktu dalam menyelesaikan setiap pekerjaan tanpa mengorbankan kesehatan. Manajemen waktu dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
  • Buatlah daftar dan tentukan prioritas sasaran mingguan.
  • Buatlah daftar “to do” harian, dan tentukan skala prioritas misalnya berdasarkan urutan abjad yang dimulai dari A atau menurut angka di mana angka 1 menjadi perhatian utama.
  • Curahkan perhatian utama pada prioritas A misalnya.
  • Tangani setiap tugas sekali jalan hingga tuntas dan meyakinkan.
  • Terus menerus bertanya, “Bagaimana cara terbaik menggunakan waktu saya sekarang? dan KERJAKAN! Intinya adalah “kerjakan apa yang kamu tuliskan, dan tuliskan apa yang kamu kerjakan”. Semua itu dikerjakan menggunakan cara. Cara terbaik untuk memulai adalah dengan memulainya (Marie Edmund Jones).


Manajemen waktu dapat diilustrasikan seperti pada urutan langkah berikut ini.
  • Pertama, dengan membuat daftar dan menentukan prioritas sasaran dalam minggu pertama sampai minggu keempat dalam setiap bulannya, maka akan anda dapati progres report yang dicapai selama kurun waktu seminggu itu. Contohnya, ketika anda sedang mengerjakan tesis, maka tuliskan pencapaian yang anda dapatkan dari minggu ke minggu. Dari situlah sebenarnya terekam apa yang sudah anda kerjakan.
  • Kedua, dengan menggunakan daftar pekerjaan yang harus anda tuntaskan hari ini membuat anda menentukan skala prioritas. Anda harus atur mana yang lebih mudah dulu untuk dikerjakan kemudian disesuaikan dengan kondisi anda sendiri. Gunakan catatan kecil untuk mencatat apa yang sudah anda lakukan hari ini, minimal di dalam otak bawah sadar anda agar anda merasakan ketuntasan dari apa yang telah anda kerjakan. Intinya adalah kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja tuntas.
  • Ketiga, curahkan perhatian utama anda pada prioritas A atau yang paling penting. Bila target anda lulus kuliah tahun ini, maka curahkan perhatian utama anda menuju target anda itu, dan kesampingkan target lainnya. Dengan begitu anda menjadi fokus pada tujuan anda. Bila anda tidak fokus, maka tak ada satupun pekerjaan yang sampai tujuan atau mencapai hasil yang diharapkan.
  • Keempat, tangani satu pekerjaan sekali hingga tuntas dan meyakinkan barulah kemudian menuju pekerjaan lainnya bila anda telah selesai dengan pekerjaan sebelumnya. Jangan mengulang kembali pekerjaan anda yang sudah dilakukan. Usahakan cukup sekali saja anda menuntaskannya. Contohnya, bila proposal tesis anda sudah selesai sampai dengan bab III, maka langsunglah menuju kebab IV bukan kembali kebab I lagi. Dengan begitu anda akan segera memulai penelitian, dan mampu menemukan kesimpulan dan saran di bab V. Tesis anda pun akhirnya selesai.
  • Kelima, terus menerus bertanya kepada diri sendiri untuk memperbaiki diri. Lakukan perenungan dari apa yang telah anda kerjakan, dengan begitu anda selalu mawas diri, dan mampu melakukan introspeksi diri agar menjadi manusia yang lebih baik lagi dari hari kemarin.
Cara terbaik menggunakan waktu adalah dengan segera melakukan tindakan nyata, dan buanglah kemalasan. Kemauan dan pikiran harus disatukan untuk melakukan tindakan nyata dan bukan kata-kata. Ketika anda pandai bicara, maka harus direalisasikan dalam kiprah yang mampu memberikan contoh atau keteladanan karena memang sangat diperlukan. Jangan sombong, karena kesombongan akan menjatuhkan diri anda sendiri.

Selamat menjalankan manajamen waktu yang efisien dalam hidup anda. Semoga anda sukses dalam mewujudkan keinginan atau cita-cita anda yang sekarang ini mungkin masih dalam angan-angan. Segera tuliskan, dan lakukan tindakan nyata dari apa yang anda tuliskan itu. Gapailah kesuksesan tanpa mengorbankan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar