Eksklusif

Informatif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Senin, 03 Februari 2014

Kerja Berlebihan Tingkatkan Resiko Serangan Jantung

Berhati-hatilah mereka yang sering bekerja lembur atau memiliki jam kerja yang panjang. Penelitian terbaru yang ditaja oleh salah satu universitas terkemuka di London menunjukkan, mereka yang bekerja sebelas jam atau lebih setiap hari memiliki resiko lebih tinggi terkena gangguan jantung dibandingkan mereka dengan jam kerja yang lebih pendek.

Penelitian dilakukan terhadap 7.095 orang dewasa berusia 39-63 tahun dengan 2109 diantaranya adalah perempuan. Hampir sepuluh persen responden bekerja dalam jam kerja yang panjang. Penelitian yang telah dilakukan sejak awal tahun 1990 ini menunjukkan hasil bahwa mereka yang bekerja sebelas jam sehari, sebanyak 66 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung atau meninggal karenanya dibandingkan dengan mereka yang bekerja tujuh sampai delapan jam sehari. Sementara itu, beberapa ilmuwan lain menyebutkan pekerjaan yang penuh dengan tantangan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung pada perempuan muda. Gejala serangannya ditandai dengan rasa nyeri di dada yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh arteri yang memasok darah ke otot jantung.

Menurut Dr. Linda Lisong Sp.JP jam kerja yang panjang dapat memicu stres kronik yang secara langsung mempengaruhi proses metabolisme. Ketika terjadi stres, maka adrenalin akan terangsang. Saat adrenalin meningkat, otomatis jantungpun akan terpacu untuk bekerja lebih keras. Hal ini dapat memicu terjadinya atherosclerosis atau penyempitan pembuluh arteri, terangnya.

Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan tersendiri, hingga menimbulkan stres. Stres tidak dapat dihindari, namun bisa dikendalikan. Untuk mengurangi resiko kesehatan akibat stres disarankan agar kita memilih pekerjaan dengan waktu yang fleksibel misalnya dengan bekerja online. Anda bisa atur sendiri kapan akan memulai dan mengakhiri suatu pekerjaan sehingga memungkinkan anda untuk punya waktu istirahat yang berkualitas serta menyediakan waktu untuk diri sendiri. Selain itu, binalah hubungan baik dengan keluarga, bersahabat dan jalinlah kehangatan dengan teman-teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar